Senin, 02 November 2015

PSIKOLOGI


NAMA           :  ASLAWATI
NIM                :  12 3145 301 017
KELAS          :  G
RANGKUMAN MATERI
A.    Pengertian Belajar
Belajar dapat didefinisikan sebagai sebuah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Belajar adalah proses perubahan di dalam kepribadian dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya tarik, dan kemampuan-kemampuan yang lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku pada individu-individu yang belajar. Perubahan itu tidak hanya berkaitan dengan penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berbentuk kecakapan, keterampilan, sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, penyesuaian diri. Jadi, dapat dikatakan bahwa belajar itu sebagai rangkaian kegiatan jiwa raga yang menuju perkembanagan pribadi manusia seutuhnya.
B.     Konsep Belajar
Memahami konsep belajar secara utuh perlu digali lebih dulu bagaimana para pakar psikologi dan pakar pendidikan mengartikan konsep belajar.
1.      Konsep belajar menurut Bruner (1966) menyatakan bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada soswa untuk menemukan suatu konsep, teori, aturaran, pamahaman melalui contoh-contoh yang ia jumpai dalam kehidupannya. Bruner menyatakan juga bahwa perkembangan bahasa beasr pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif.
2.      Piaget menyatakan bahwa perkembangan kognitif sangat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa seseorang.
3.      Menurut Skinner konsep belajar merupakan adaptasi penyesuaian tingkah laku atau pola pikir seseorang yang terus menerus.
Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep belajar adalah proses perubahan tingakah laku manusia yang diperoleh dari kebudayaan, pangalaman yang dilakukan secara terus menerus.
C.    Tujuan Belajar
Tujuan belajar adalah sejumlah hasil belajar yang menunjukkan bahwa siswa telah melakukan tugas belajar, yang umumnya meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap-sikap yang baru yang diharapkan tercapai oleh siswa.
Tujuan belajar :
1.      Menambah pengetahuan
2.      Meningkatkan keterampilan
3.      Mengubah sikap seseorang
4.      Mengubah pola pikir
D.    Proses Belajar
Proses belajar adalah cara-cara atau langkah-langkah khusus yang dilakukan sehingga timbul perubahan untuk mencapai hasil-hasil tertentu.
Fase-fase dalam proses belajar :
1.      Fase informasi (penerimaan materi)
2.      Fase transformasi (tahap pengubahan materi)
3.      Fase evaluasi (tahap penilaian materi)
Dalam proses belajar terdapat aktifitas tertentu diantaranya :
1.      Mendengarkan
2.      Memandang
3.      Meraba, mambau, dan mencicipi
4.      Menulis
5.      Membaca
6.      Ikhtisar atau ringkasan
7.      Mengamati table
8.      Mengingat
9.      Latihan atau praktek
Factor yang memengaruhi proses belajar:
1.      Faktor internal
a)      Fisiologis (kondisi fisik)
b)      Psikologis (bakat, minat da motivasi)
2.      Factor eksternal
a)      Lingkungan sosial (guru, ketegangan keluarga dan teman)
b)      Lingkungan non sosial (sarana dan fasilitas)
E.     Keterampilan Belajar
Keterampilan belajar adalah suatu keterampilan yang dapat mengembangkan kemandirian dalam belajar.
Hakikat keterampiln belajar :
1.      Transformasi persepsi belajar
2.      Self management
3.      Interpersonal dan keterampilan kerja sama tim
4.      Kesempatan eksplorasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar