NAMA : ASLAWATI
NIM : 12 3145 301 017
KELAS : G
RANGKUMAN
MATERI
A.
Pengertian
Belajar
Belajar
dapat didefinisikan sebagai sebuah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk
memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai
hasil dari pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
Belajar
adalah proses perubahan di dalam kepribadian dan perubahan tersebut ditampakkan
dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti
peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan,
daya tarik, dan kemampuan-kemampuan yang lain.
Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku pada
individu-individu yang belajar. Perubahan itu tidak hanya berkaitan dengan
penambahan ilmu pengetahuan, tetapi juga berbentuk kecakapan, keterampilan,
sikap, pengertian, harga diri, minat, watak, penyesuaian diri. Jadi, dapat
dikatakan bahwa belajar itu sebagai rangkaian kegiatan jiwa raga yang menuju
perkembanagan pribadi manusia seutuhnya.
B.
Konsep
Belajar
Memahami
konsep belajar secara utuh perlu digali lebih dulu bagaimana para pakar
psikologi dan pakar pendidikan mengartikan konsep belajar.
1. Konsep
belajar menurut Bruner (1966) menyatakan bahwa proses belajar akan berjalan
dengan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada soswa untuk
menemukan suatu konsep, teori, aturaran, pamahaman melalui contoh-contoh yang
ia jumpai dalam kehidupannya. Bruner menyatakan juga bahwa perkembangan bahasa
beasr pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif.
2. Piaget
menyatakan bahwa perkembangan kognitif sangat berpengaruh terhadap perkembangan
bahasa seseorang.
3. Menurut
Skinner konsep belajar merupakan adaptasi penyesuaian tingkah laku atau pola
pikir seseorang yang terus menerus.
Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep belajar adalah
proses perubahan tingakah laku manusia yang diperoleh dari kebudayaan,
pangalaman yang dilakukan secara terus menerus.
C.
Tujuan
Belajar
Tujuan
belajar adalah sejumlah hasil belajar yang menunjukkan bahwa siswa telah melakukan
tugas belajar, yang umumnya meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap-sikap
yang baru yang diharapkan tercapai oleh siswa.
Tujuan
belajar :
1. Menambah
pengetahuan
2. Meningkatkan
keterampilan
3. Mengubah
sikap seseorang
4. Mengubah
pola pikir
D.
Proses
Belajar
Proses
belajar adalah cara-cara atau langkah-langkah khusus yang dilakukan sehingga
timbul perubahan untuk mencapai hasil-hasil tertentu.
Fase-fase
dalam proses belajar :
1. Fase
informasi (penerimaan materi)
2. Fase
transformasi (tahap pengubahan materi)
3. Fase
evaluasi (tahap penilaian materi)
Dalam proses belajar
terdapat aktifitas tertentu diantaranya :
1. Mendengarkan
2. Memandang
3. Meraba,
mambau, dan mencicipi
4. Menulis
5. Membaca
6. Ikhtisar
atau ringkasan
7. Mengamati
table
8. Mengingat
9. Latihan
atau praktek
Factor
yang memengaruhi proses belajar:
1. Faktor
internal
a) Fisiologis
(kondisi fisik)
b) Psikologis
(bakat, minat da motivasi)
2. Factor
eksternal
a) Lingkungan
sosial (guru, ketegangan keluarga dan teman)
b) Lingkungan
non sosial (sarana dan fasilitas)
E.
Keterampilan
Belajar
Keterampilan
belajar adalah suatu keterampilan yang dapat mengembangkan kemandirian dalam
belajar.
Hakikat
keterampiln belajar :
1. Transformasi
persepsi belajar
2. Self
management
3. Interpersonal
dan keterampilan kerja sama tim
4. Kesempatan
eksplorasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar